Menneg BUMN: PLN Rugi Besar Bukan Karena Kesalahannya

Sumber : Yahoo News Indonesia



Menneg BUMN Sofyan Djalil mengakui kalau kinerja keuangan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) termasuk dalam daftar 10 besar BUMN merugi. Namun menurutnya hal bukan karena kesalahan perusahaan, melainkan karena rendahnya tarif dasar listrik yang belum pernah dinaikkan sejak 2003.

"Kami sebagai pemegang saham sedih karena PLN merupakan dalam daftar 10 BUMN rugi terbesar. Namun itu bukan karena kesalahan PLN, tapi PLN rugi karena tarif listrik yang lebih rendah dari biaya pokok penyediaan listrik" ujar Menneg BUMN Sofyan Djalil dalam sambutannya di acara Breakfast meeting BUMN, di Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (19/8/2009).

Menurut Sofyan, sejak tahun 2003, pemerintah belum pernah menyesuaikan tarif listrik sehingga seluruh golongan tarif listrik disubsidi PLN karena tarif listrik lebih rendah daripada biaya pokok penyediaan listrik.

"Semakin besar tarif yang mencapai keekonomian maka semakin besar rugi yang harus ditanggung PLN," jelasnya.

Sofyan menjelaskan, untuk menjadikan PLN sebagai BUMN yang sehat, maka pemerintah yang baru nanti diharapkan untuk meninjau kembali tarif listrik PLN.

"PLN bisa jadi sehat, apabila pricing policy ditinjau ulang oleh pemerintah baru. Tarif itu sebaiknya dinaikan hingga nilai jualnya mencapai harga keekonomian," ungkapnya.

Comments :

0 comments to “Menneg BUMN: PLN Rugi Besar Bukan Karena Kesalahannya”

Post a Comment

 

Huruf J s/d R

1
2
2
3
4
5
Home
3
8
46
4
6

Huruf S s/d Z