PLN Lampung Kewalahan Layani Pelanggan Baru

Sumber : Tempointeraktif
PT PLN Wilayah Lampung mengaku kewalahan melayani warga yang hendak menyambung listrik. Mereka mengalami kesulitan keuangan untuk berinvestasi. "Dana kami terbatas untuk menyediakan material bagi pelanggan baru," kata Sumargo, juru bicara PLN Lampung, Rabu (22/07).

Menurut Sumargo, PLN Lampung hanya mampu menyediakan 5.100 material berupa kabel dan meteran pencatat. Padahal, kata dia, pihaknya mentargetkan 21ribu pelanggan baru pada tahun 2009 ini. "Jadi bisa dipastikan 15 ribu warga Lampung tidak akan bisa menikmati listrik hingga tahun depan," katanya.

Dia mengatakan kesulitan keuangan itu akibat tunggakan rekening listrik milik warga Lampung yang mencapai Rp 28,02 miliar. "Tunggakan itu cukup membuat keuangan kita terganggu," katanya. PLN berharap warga Lampung tertib membayar rekening listrik untuk menjamin pasokan listrik.

Selain kesulitan dana, PLN juga menghadapi kekurangan pasokan listrik sebesar 67 hingga 70 megawatt. Kekurangan pasokan itu akibat dua pembangkit besar di Lampung mengalami kerusakan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Uap Unit 3 Tarahan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batutegi.

"Selain itu, sejumlah pembangkit di Sumatera yang tersambung dalam sistem interkoneksi mengalami kerusakan. Sistem itu mampu memasok hingga 100 megawatt untuk Lampung," ujarnya.

Sementara itu, Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia Lampung menawarkan hibah material listrik bagi pelanggan baru. "Jika PLN kesulitan menyediakan material bagi pelanggan baru, kami siap menawarkan hibah," kata Syamsul Arifin, Ketua DPD AKLI Lampung.

Syamsul mengatakan saat ini terdapat 100 ribu lebih calon pelanggan baru masuk daftar tunggu. "Dari jumlah itu didominasi sektor pelanggan rumah tangga," katanya.

Comments :

0 comments to “PLN Lampung Kewalahan Layani Pelanggan Baru”

Post a Comment

 

Huruf J s/d R

1
2
2
3
4
5
Home
3
8
46
4
6

Huruf S s/d Z