Dengan Margin, PLN Tak Perlu Subsidi

Sumber : Inilah.com

Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil mengatakan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak perlu lagi disubsidi kalau menggunakan sistem margin. Margin juga dapat sebagai jalan untuk menerbitkan obligasi.

"PLN itu hanya perlu margin, dengan margin ini PLN bisa Bankable. Jadi nggak perlu disubsidi lagi," kata Sofyan Djalil Gedung BUMN Jakarta, akhir pekan lalu.

Margin yang dimaksud adalah selisih antara ongkos produksi dengan tarif yagn dikenakan kepada masyarakat. Margin ini menjadi cerminan keuntungan PLN sebagai pemasok listrik sehingga tidak akan menderita kerugian operasional.

Menurutnya, dengan margin bisa memberikan jaminan kepada perbankan dan investor sebagai dasar untuk mengeluarkan obligasi. Sistem margin ini lebih banyak mempermudah untuk mengikuti mekanisme pasar . Sebab investor akan mendapat jaminan dari margin itu sehingga obligasinya terhindar dari gagal bayar karena meskipun tidak disubsidi lagi tetapi mendapatkan margin dari tarif listrik yang dikenakan ke masyarakat. [war/hid]

Comments :

0 comments to “Dengan Margin, PLN Tak Perlu Subsidi”

Post a Comment

 

Huruf J s/d R

1
2
2
3
4
5
Home
3
8
46
4
6

Huruf S s/d Z