Pemerintah Ubah Pola Distribusi TDL

Sumber : NERACA

Jakarta - Pemerintahakan mengubah pola distribusi kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang saat ini diberlakukan. Hal tersebut merupakan respon pemerintah terkait dengan beberapa pihak yang keberalan atas kenaikan tersebut.

"Yang akan dibahas TDL yang disepakati 10% naik mungkin sebarannya misalnya 450-900 VA tidak naik kemudian yang lainnya didistribusikan pola dan distribusinya akan dibicarakan," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abu Bakar, seusai rapat coordinator terkait KUR di kantor Kementrian Koordinator Perekonomian, Selasa(13/7).Menurutnya, kenaikan TDL yang telah diberlakukan per Juli 2010 ini rata-rata 10% tetap dipertahankan sebagai kebijakan pemerintah. Namun distri-businya yang akan dibicarakan lebih lanjut bagi pelanggan 1.300-6.600 VA, dimana ada perbedaan versi hitungan kenaikan TDL itu tetap 10%tapi distribusinya yang dibedakan.

"Ini wujud responsive pemerintah tidak ada kata terlambat kita jalankan mudah-mudahan dunia usaha bisa memahami hal itu," terangnya.Oleh karena itu, esok hari pemerintah akan mengadakan rapat gabungan terkait dengan tariff TDL yang selama ini memicu protes dari kalangan pengusaha. "Nanti kita dengar dari esnsi substansi yang dibicarakan nanti Menko Perekonomian ada dalam kewenangan,"tuturnya.Hal senada juga disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa dimana pihaknya tidak setuju dengan adanya kenaikan yang lebih tinggi dari yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Dengan rata-rata asumsi kenaikan TDL 10% rata-rata itu tidak mungkin inssutri kena lebih dari 50% tidak boleh itu,"terangnya.Sementara itu, Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan beban listrik tiap sektor atau pun sub-sektor itu memiliki beban yang berbeda-beda dimana ada yang lahap energi dan juga yang kurang. Hal tersebut tidak dibuat oleh PLN sehingga jika semuanya dipukul rata maka kenaikannya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hitungan PLN dengan range 8-17%.

"Itu yang nanti akan dibuktikan, kalau terbukti ada salah satu sektor yang merasa terbebani saya sebagai Menperin menyarankan ada perubahan, tapi itu belum pasti karena kita mengexercis dulu nanti,"Dimana menurutnya ada beberapa usaha yang merasa terbebani dengan kenaikan yang tidak dipukul rata ini yaitu Baja, Frozen yang menggunakan alat pendingin, pabrik es yang mana modalnya menggunakan listrik dan air."Saya belum meghitung volume tapi per sektor (kerugian),karakteristik indstri berbeda dengan kebutuhan daya listriknya sehingga tidak bisa dipukul rata,"pingkasnya.uini

Comments :

3 comments to “Pemerintah Ubah Pola Distribusi TDL”
Mobile App Developers said...
on 

Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

App Development Bangalore said...
on 

Great post. All readers will definitely like this post. Looking forward for your next post.

Learn Digital Marketing said...
on 

I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

Post a Comment

 

Huruf J s/d R

1
2
2
3
4
5
Home
3
8
46
4
6

Huruf S s/d Z